Ber-Adu dalam Memori ke-15

Kali ini BdM kembali ber-memori ria yang gampang-gampang saja, tentang penyanyi zadoel.

1. Anda tentu tahu tentang jenis burung, sebut saja burung Kutilang, Prenjak, Podang. Kutilang, Prenjak dan Podang karena suara ngocehnya yang indah kendati berbeda-beda. Prenjak dan Podang digunakan sebagai sebutan atau julukan nama pesinden/swarawati [istilah seni karawitan jawa], seperti Nyi. Prenjak dan Nyi. Woro Podang, sementara Kutilang digunakan sebagai julukan penyanyi 3nang.
Pertanyaan : Siapakah nama penyanyi jadul sebutan Si Kutilang tsb?

2. Cermati kedua lagu berirama keroncong hasil kreasi penyanyi Safitri | Who is Safitri? | berikut ini:
ย  atau kesini

Pertanyaan : Asli kedua lagu tersebut didendangkan oleh siapa?


Jawaban BdM edisi ke-14 adalah : (1) Jasir Sjam, dijawab benar oleh Mas SimonBSD dan Wulan dari negeri Kanguru |hanya memberi link|. (2) Eddy Silitonga, dijawab betul oleh Mas SimonBSD dan Mas Bambang.

11 Comments

Filed under jadul 60-70, Musik, tak berkategori

11 Responses to Ber-Adu dalam Memori ke-15

    • sukoasih

      Hahaha… taksih begadang nggih masWijono.
      Bokmenawi pirsa menapa ngertosi sinten Safitri meniko, suantenipun kok luwes sanget ๐Ÿ˜‰

      • mboten begadang kok mas Wandi, kolowau malah nembe kemawon tangi tilem lajeng “wedangan” lan “mertamu” dateng sukoasih ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ™‚
        ———————————————
        waduh2… wedangan juan mat tenan wengi2, apa meneh wedangan areng asli Ngayogya hehehehe

  1. SIMON (BSD City)

    No.2 lagu ke-2, karena lagu ke-1 kok tidak bisa didengarkan.
    “Autumn Leaves” pertama kali diedarkan tahun 1945 di Prancis dengan judul “Les feuilles mortes” (“Daun Mati”) dengan musik oleh komposer Hungaria-Prancis Joseph Kosma dan lirik oleh penyair Jacques Prevert. Di Hongaria berjudul “Halo levelek” (daun-daun yang Gugur). Yves Montand (dengan Irรจne Joachim) memperkenalkan “Les feuilles mortes” pada tahun 1946 dalam film Les Portes de la Nuit. Penulis lagu Johnny Mercer dari AS menulis lirik lagu tersebut dalam bahasa Inggris tahun 1947 dan pertama kali dinyanyikan oleh biduanita JO STAFFORD “Autumn Leaves” menjadi lagu standar pop dan jazz baik sebagai instrumental maupun dinyanyikan. Pada tanggal 24 Desember 1950, penyanyi Prancis Edith Piaf menyanyikan kedua versi Prancis dan Inggris dari lagu ini di acara radio The Big Show, yang diselenggarakan oleh Tallulah Bankhead. The Melachrino Strings mencatat versi instrumental di London pada tanggal 18 Agustus 1950. Film dengan judul ‘Autumn Leaves’ (1956) dibintangi Joan Crawford menampilkan lagu tersebut yang mendunia setelah dinyanyikan oleh Nat ‘King’ Cole.

    • sukoasih

      Hi, dongengannya panjang dan lengkap banget. Terima kasih mas Simon
      Utk lg no.2 (1) kemungkinan browser yang digunakan tidak support. Coba gunakan dengan Mozilla Firefox, krn dari komputer yang ada dapur studioku lancar2 saja. Memang ada beberapa versi dari Firefox yang tidak support. Saya malah dari PC yang jadul ini masih menggunakan versi mozilla yang jadul. Di PC lain dengan Win7 dan mozilla versi anyar (21) juga tidak support, sementara menggunakan Chrome bisa. Mencoba lagi dengan Mac lancar-lancar saja.
      Atau mungkin link URL yang saya gunakan ini menolaknya. Kalau begitu akan saya edit ulang supaya bisa dimainkan.

    • Soekiwi

      Pak Simon : Mantaaaaaabs………..
      Mas Wandi : Saya hadir …….

  2. SIMON (BSD City)

    Pakai Chrome ternyata bisa. Selama ini saya pakai Maxtron browser.
    Judul lagunya “Rhythm of the Rain” pertama kali dinyanyikan oleh THE CASCADES, diedarkan November 1962. Ditulis oleh salah satu anggota Cascades, John Claude Gummoe. ‘Prestasi’ tertinggi tercatat 9 Maret 1963, ketika meraih tangga ke-3 US Pop Chart dan selama dua pekan bertengger di puncak US Easy Listening Chart. Ternyata lagu ini juga digemari di Inggris (tangga ke-5) dan Irlandia (tangga 1). Pada tahun 1979 rekaman The Cascades ini digunakan sebagai soundtrack film Quadrophenia. Gary Lewis & the Playboys menyanyikannya dan masuk pada tangga ke-63 Billboard Hot 100 Chart. Antara tahun 60an-70an banyak penyamyi Asia Tenggara menyanyikan lagu ini dengan versi masing-masing seperti: Ervinna (Indonesia), Teddy Robin & The Playboys, Felicia Wong (Hong Kong), Tracy Huang (Taiwan), Zhuang Xue Fang dalam bahasa Mandarin (Singapura), dan Sinn Sisamouth (Kamboja). Versi country direkam tahun 1978 oleh Jacky Ward dan masuk tangga ke-11 pada Billboard Hot Country Singles Chart. Kemudian di tahun 1990, Dan Fogelberg mencapai tangga ke-3 dengan lagu ini pada US Billboard Adult Contemporary Chart, di mana lagu “Rhythm of the Rain” di-medley-kan dengan “Rain” milik Beatles. Penyanyi tenar dari Australia, Jason Donovan tahun 1990 mencapai tangga ke-9 di Inggris dengan versinya, sementara di tanah airnya, Australia, bertengger di puncak tangga. Lagu tersebut kembali diedarkannya dalam album Donovan berjudul Let It Be Me. Kelompok Ka’au Crater Boys merekam versinya dengan judul “Rhythm of The (Falling) Rain” pada album perdananya Tropical Hawaiian Day. Masih ada lagi. Pada tahun 2008, Chris de Burgh ‘mengkombinasikan’ “Rhythm Of The Rain/Crying In The Rain – dari The Everly Brothers” dalam albumnya, Footsteeps. Ada juga versi Prancis dengan judul “En รฉcoutant la pluie” yang direkam oleh Sylvie Vartan dan Richard Anthony, sementara sebuah lagu parodi (yang mempelesetkan), dibuat versinya oleh Mark Jonathan Davis dengan judul “The Rhythm of the Coffee Pot.”. Mengenai rekaman Mbak Safitri, jujur saya belum pernah mendengar. Apakah beliau ‘Ketua PKK’ Pasar Klewer ya , kok Mas Wandi ada rekamannya ? ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚
    Mudah-mudahan tebakan saya tidak keliru. Nuwun
    ———————————————-
    waktu jalan2 ke ps klewer bulan yang lalu nggak ketemu he itu jeng Safitri, ketemunya malah sama jeng Sulastri

    • sukoasih

      Kalau mau kenalan dengan jeng Safitri, coba pirsani clip nya kesini. Keroncong jawanya juga fasih banget kok [kasmaran, jali2, rangkaian melati etc]. Album Keroncong In Lounge ini petunjuk dari teman kok.

    • bambang

      terima kasih mas Simon .. uraiannya ..

  3. bambang

    saya hadir tapi ga bisa jawabnya .. nyerah deh

    no 2(1) .. ga bisa diputar mas ..
    —————————-
    untuk no 2(1) klik saja (atau kesini), kalau dengan chrome bisa nggak, krn masSimon juga gak bisa didengar terus ganti menggunakan browser Chrome bisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.