Ber-Adu dalam Memori ke-28

Penyanyi ini cukup kondang di era 60-70an. Tahun 1975 memutuskan untuk hijrah ke Los Angeles Amerika. Dengan kepiawaiannya dalam bernyanyi, ia pernah diajak konser bersama The Bee Gees, Shirley Bassey, The Osmond Brothers, Neil Diamond.

Silahkan dengar dan perhatikan dengan seksama tembang jadulnya berikut ini.

Pertanyaan :
1. Siapa pembawa lagu itu?
2. Apa nama/judul lagu baratnya dan siapa pula penyanyi asli lagu tsb?


Jawaban BdM edisi ke-27 adalah : (1) Teluk Bayur ciptaan Zaenal Arifin, dijawab benar oleh Mas SimonBSD dan Mas Rusli Zachri. (2) Band Binaria, dijawab betul oleh Mas SimonBSD.

10 Comments

Filed under jadul 60-70, Musik, tak berkategori

10 Responses to Ber-Adu dalam Memori ke-28

  1. Simon, BSD City

    No.2. ‘A Chi’ oleh Fausto Leali

    • Fausto Leali, 29-10-1944 itu kan penyanyi dari Italia ya?

      • Simon, BSD City

        Benar, Leali dari Italia. Berkecimpung di bidang musik dengan bermain di beberapa band. Single pertama dibuat tahun 1962 dengan menggunakan nama ‘Fausto Denis’, dengan sponsor majalah Nuova Enigmistica Tascabile. Ia kemudian bergabung dengan grup dari Alessandria, ‘Novelty’, yang telah menghasilkan sebuah piringan hitam extendeed play (EP) tahun 1961. Bersama grup ini dia membuat kontrak rekaman dengan merekam lagu daur ulang dari The Beatles, “Please Please Me” dan “Lei ti ama” (“She Loves You”). Tahun 1966 Leali dan band Novelty pindah dari perusahaan piringan hitam Music ke Ri-Fi. Di sinilah dia mulai dikenal dengan “A chi” tahun 1967 (versi Italia) dan sebuah lagu asal AS “Hurt” yang pernah tenar tahun 1954, ciptaan Roy Hamilton. Beberapa tahun kemudian, lagu itu, kembali dimunculkan oleh Francesco De Gregori. “A chi” terjual lebih dari 1 juta kopi dan memperoleh penghargaan piringan emas. Pada tahun yang sama Leali untuk pertama kalinya mengikuti festival televisi Un disco per l’estate, dengan lagu “Senza di te”. Tahun berikutnya dia menikah dengan penyanyi Milena Cantù, bekas anggota Clan Celentano. Pernikahan ini membuahkan seorang putri bernama Deborah, nama yang dipilih setelah Leali sukses dengan lagu ‘Deborah’ dalam sebuah festival bersama penyanyi tenar Wilson Pickett. Tahun 1969, 1971 dand 1974, dia kembali mengikuti Un disco per l’estate dengan lagu-lagu “Tu non meritavi una canzone”, “Si chiama Maria”, dan “Solo lei”. Beberapa lagu yang kemudian cukup dikenal a.l. tahun 1976 “Io camminero”, dan di tahun 1980 dengan lagu ciptaan Totò, “Malafemmena”. Lagu-lagu lain yang meraih sukses adalah “Io amo” (1987), “Mi manchi” (1988) dan di tahun 1989 ketika duet dengan Anna Oxa, memenangkan lomba dengan lagu “Ti lascerò”. “Ora che ho bisogno di te” (2002), duet dengan Luisa Corna, serta “Eri tu” (2003). Sayang lagu-lagu tersebut tidak bisa meraih sukses seperti “A chi”.
        ———————–
        Hi, lengkap sekali, makasih

  2. a.rojak

    No. 1
    Anita Tourisia

  3. a.rojak

    Lagu BdM-nya nggak bisa diputar ya Pak !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.