Forum

Disini tempatnya untuk saling berbagi, sumbangsih,  
saran pendapat dan masukan bagi sedulur semua. 
Senang sekali bilamana apa yang Anda sampaikan  
disini dilakukan dengan santun, beretika dan 
menjunjung tinggi nilai-nilai budaya Nusantara.

Terima Kasih dan Matur Nuwun,

Sukoasih

198 Responses to Forum

  1. Soma

    Cara merubah side bar bagaimana, di 4share, udah ketemu kode embednya, lebar 420 tinggi 250, merubahnya dari mana?

  2. Soma

    Ini contoh audio iklan soto

    http://www.4shared.com/mp3/bMomFcPO/SOTO_PAK_MARTO___118__.html

    Tak tlng link hosting penyimpanan, betul seperti yang biasa mas Wandi, klik langsung bunyi, Nuwun

    • sukoasih

      Tunggu ya lagi tak pelajari, karena ini dari soundcloud agak rumit.
      File yang ada di 4shared, buka terus lihat kebawah disana ada tulisan “yang lainnya” klik saja nanti akan terbuka beberapa link, copy saja link yang paling bawah [pasang] ke notepad.
      Kemudian ganti itu angka weight menjadi 150, dan hight menjadi 25. [Ini maksudnya biar tampilan skin nya kecil dan tidak lebar].
      Selesai itu baru kode embeb itu di paste kemana akan dipasang.

      Contohnya bisa dilihat di postingan saya di Sukoasih “hari ibu # perempuan”
      Hayo harus berhasil…

      • sukoasih

        Lihat mas itu Soto Segarrr-nya tak pasang di sidebar samping kanan site ini dibawah Swara Kenanga Jogja.
        Angka pixel itu bisa dirubah sesuai keinginan tinggi dan lebarnya sepanjang tidak melebihi kolom sidebar.

  3. Soma

    Ya itu mas Wandi yang saya maksud, ada player disamping gambar iklan, caranya bagaimana untuk menampilkan player tsb?

    • sukoasih

      Hahahaha….. bingung.. walik sik klambine Mas.
      Aku lagi asyik dengerin uyon-uyon KenangaJogja. Ada pangkur loro asmoro, wigaringtyas, wahyu, dolanan Ki. NartoSabdho, ketawangan….. juan nyamleng tuenan. Backsoundnya pangkur ngrenas nambah ademing manah.
      Wualah kok malah nglantur neng uyon-uyonan…

      Terkait dengan pasang player iklan, pada dasarnya dari sekian platform (Joomla, Drupal, Ning, WordPress, Blogspot, Blogdetik etc) tidak jauh berbeda. Minimal harus mengetahui program HTML
      Coba mas Marno masuk ke editan menu Iklan Baris, terus disana copykan script embeb-an itu, tentunya berada didekat masing-masing iklan (diatas atau dibawahnya). Kalau di platform wordpress itu ada “Teks”, tarik teks ke kolom sidebar (disitu ada di deretan area iklan baris). Nah kalau mau disertai tulisan seperti SotoSegarr, bisa juga dengan script sendiri [spt : huruf bisa mengambil macam-2 font dan juga ukurannya.
      Itu dulu mas mudah-mudahan dapat dipahami
      Silahkan dicoba ….

      • Soma

        masuk edit iklan baris disitu link ,embed, 4 shred, media fire, souncloud tak masukkan disitu, gak bisa blank target, not server, dll. intinya gak bisa, he he piye tambah mumet ora?

  4. Soma

    Ha ha ha , rasanya sama dengan saya menerangkan teknik rekam audio mas Wndi juga bingung tujuh keliling, meskipun mas Wandi telah membalik bajunya, ha ha ha, by the way, kalau HTML saya menggunakan Editplus, hasilnya seperti yang mas Wandi terima tentang soto, itu juga filenya HTML, kalau dibuka via Monzila baru tampil gambar dan player, wah mumet, mumet, tulung tulung tulung

    • Test dan coba lagi dengan membuat link baru umpama IklanMurah, tapi diatas IklanBaris ya.
      Biasanya masuk Cpanel… dasboard > appearence > widgets terus pilih Text Widgets. Kalau sudah masuk kesitu buat menu umpama IklanMurah.
      Nah biasanya halaman disitu kita pastekan kode embeb tadi.
      Kalau yang saya pasang di Sukoasih itu embebnya saya ambil dari 4shared, saya belum mencoba yang dari Soundcloud.

      Saya jadinya kok ikut ketularan mumet-e….. Kalau tahu itu platform CMS nya (joomla, wordpress, drupal) mungkin saya bisa mempelajari.
      Jalan terakhir seandainya belum berhasil, kiranya bisa konsultasi ke jasa hostingnya Joglomedia. Opo aku mesti rono,,, hehehehehe

      • sukoasih

        Itu file roma tailor diupload dimana mas.
        Kalau mau coba lagi gunakan embeb yang dari 4shared saja.
        Mas Marno ada BB, FP atau WhatsApp, kalau ada nanti saya bisa komunikasi melalui sarana itu, disamping melalui imel

  5. Soma

    Roma Tailor tak simpan di: idhostinger.com

    • O, jasa hosting yang cukup terkenal.
      Sekalian tanya di media forum tentang yang sedang mas Marno bingungkan itu. Siapa tahu bisa membantunya.
      Saya kirim imel, silahkan ke mbalela-nya

      • Mas Marno, saya lihat sudah berhasil itu proyeknya, kendati masih berantakan hihihihihi. Selamat deh,…. berhasil kan… pinter tenan.

        Perlu diperhatikan :
        – Ganti weight menjadi 250, dan height 25 atau bisa juga 26, 27.
        Saya perhatikan kolom sidebar pasnya 250px. Kalau menggunakan standar 420 – 250 jadinya seperti itu, hihihi segajah gajah.
        – Nampaknya script itu hanya mau terpasang diatas gambar flash atau dibawahnya.
        – Itu script yang ada dibawah masing-masing iklan buang saja. Saya kira cukup satu tampilan saja.
        Hayo mana yang lainnya, kok baru 4 iklan yang nongol playernya.

  6. Soma

    Ha ha ha mumete suda,sudah bisa menampulkan player, di iklan baris, masalah baru timbul, kalau di play satu, kemudian play dua, ha ha ha dua duannya, bunyi, oh gaptek gaptek, nuwun Mas Wandi berkat ilustrasi anda saya dapat ide, nuwuin nuwun

    • sukoasih

      Ya mesti begitu, kalau mau klik play yang harus satu persatu. Kalau diklik semua ya kayak suara di pasar rame banget. Klik satu terus mau pindah yang lain, matikan dulu klik yang pertama.
      Khusus untuk dengar suara iklannya, biar tidak campur dengan suara siaran, ya harus matikan (stop play) dulu itu player yang ada diatas pojok kiri.
      Tampilah supaya lebih enak dipandang, ganti di scriptnya yang 150 menjadi 250 atau lebih. Yang penting tidak melebihi lebar kolom si debar.
      Pasang script nya usahakan dikasih jarak satu spasi atas dan bawah. Coba setelah trik ini dilakukan pasti tampilannya nyaman dipandang.
      Seterusnya tinggal tulisannya diatur sedemikian rupa biar nampak rami. Kalau perlu hurufnya bisa diganti berbagai warna atau juga bisa diperkecil biar lebih ringkas pendek.
      Bingung ganti warna huruf dan ukuran fontnya. Minum kopi dulu terus semedi mengko rak ketemu.
      Kalau sudah bener dan rapi semua, baru nanti pelajaran masuk sesi selanjutnya yang lebih sulit lagi.
      Mangga mengko wengi tak lihat lagi swara kenangan Jogja-nya

  7. SOMA

    Sekarang sudah kan Wandi, dari pagi sampai sekarang belum makan, he he he

  8. Nani Widjiati

    Kepada Bp Wandi & Bp Sukiwi ( Jakarta ), Bp Bambang & Bp Bambang Hartoko ( Bandung ) Bp Martinus, Bp Marno & Bp Priyonggo ( Jogja ), Bp Sudja’i Sarmo ( Banjarbaru Kalsel ), Mas Yudhy ( Malang ), Bp A Rodjak, Mas Ampera dan Keluarga Besar “Sukoasih” semuanya, kami ucapkan “Selamat Tahun Baru, Happy New Year, Shinnen Omedetou Gozaimasu, lan Sugeng Warsa Enggal ”
    Semoga di tahun yang akan kita jalani ini, lebih baik, lebih ayem tentrem, subur kang sarwa tinandur lan murah kang sarwa tinuku, persaudaraan kita via Sukoasih makin erat dan saling mengasihi satu dengan yang lainnya. Amin

    • Di tahun yang baru ini 2014, berharap dapat membuat hal-hal baru, mencoba hal-hal baru, belajar, hidup, mendorong diri, mengubah diri dan mengubah dunia kitya. Lebih penting kita harus melakukan sesuatu.
      Selamat Tahun Baru bagi semuanya…. โ—

    • t.a.priyonggo

      Terima kasih, matur nuwun Bu Nani atas segala doa dan harapan bagi kita semua. Meskipun dalilnya menyatakan bahwa zaman ini semakin lama semakin rusak/buruk, namun kita senantiasa berharap bahwa kehidupan berbangsa dan bermasyarakat semoga menjadi lebih baik. Gemah ripah loh jinawi, karta tata raharja. Murah kang sarwa tinuku, tuwuh kang sarwa tinandur. Adil dan makmur. Semoga. Amin. Selamat Tahun Baru 2014.

    • bambang

      terima kasih Bu Nani .. sama 2 semoga kedepan kita semua bisa lebih baik, tentrem, lebih erat, saling mengasihi ,, Sukoasih maju terus …. ! ! ๐Ÿ˜€

  9. Soma

    Idem teman teman

  10. Soma

    Mas Wandi saya sedang mempelajari script, saya mengambil script di suko asih dan kenanga, ini hasilnya:

    http://www.4shared.com/document/NYCsUgNRba/SARWANDI__1_.html
    http://www.4shared.com/document/Otu7RxX6ce/KENANGA_MARNO.html

    harus diunduh dulu baru dklik di fire fox, he he he, ternyta rumit sekali
    Matur nuwun

  11. I learn some excellent goods the following. Absolutely price bookmarking regarding returning to. I big surprise the amount of effort you place to generate any type of wonderful useful site.

  12. Nani Widjiati

    Selamat malam semuanya, sekedar berbagi cerita nih.

    Minggu lalu saya, suami dan anak jagong manten ke Klaten. Alhamdulilah sempat bertemu dengan Bp Martinus (beliau keraya-raya rawuh ke gubuk kami setelah kami kabari keberadaan kami). Ngobrol gayeng. Kebetulan Bp Martinus dengan anak kami adalah alumni UGM-Managemen. Dosen2 Bp Martinus sebagian juga dosen anak kami. Kawan2 beliau juga banyak yang menjadi dosen anak kami. Apalagi kami (saya, suami & anak ) bekerja di bidang pendidikan, maka kloplah pembicaraan kami dengan Bp Dekan kita ini.
    Tapi yang paling mengesankan adalah cerita2 beliau waktu ambil s2 dan s3 di l n. Ini menambah pengetahuan dan bisa mjd inspirasi utk saya tularkan kepada anak didik.
    Terbukti komunitas Sukoasih selain menghibur dengan lagu2 zadoelnya juga bisa menambah persaudaraan. Semoga di lain waktu kita dapat bertemu muka dengan para pecinta Sukoasih lainnya.
    Terima kasih Pak Wandi

    • sukoasih

      Selamat Bu Nani telah bisa ketemu sama Mas Martinus. Beruntung bisa bertemu muka, biasanya nganglang buana ke negara lain memberi kuliah kepada mhs S2.
      Di Yogyakarta masih ada sahabat komunitas Sukolaras/Sukoasih seperti Mas Wijono Hadi, Mas Indranoto dan Mas Marno. Dari ketiga rekan itu Mas Marno-lah yang belum saya temui.

      Salam buat sahabat semua pecinta Sukoasih/Sukolaras

      • Nani Widjiati

        Betul Pak Wandi, saya beruntung karena kebetulan beliau sudah kembali ke tanah air. Seminggu sebelumnya beliau ada tugas ke England. Beliau mengatakan bahwa pada tgl kedatangan kami ke Klaten, beliau akan sudah pulang kembali ke Yogya.

        Semoga lain waktu saya dapat bertemu dengan Pak Wiyono, Pak Marno, Pak Priyonggo, Pak Indranoto, dll di Yogya. Insya Allah

        • t.a.priyonggo

          Terima kasih Bu Nani kalau nanti kersa rawuh di gubug saya. Salam zadoel.

          • Loh mas Priyo dalemipun pundi. Wonten tlatah Ngayogyokarto nggih.

            • t.a.priyonggo

              Kasinggihan pak Wandi, gubug kula wonten Tirtomartani Kalasan Sleman. Namung wekdal menika nembe pados upo wonten Samarinda. Ketingalipun temtu gayeng menawi para sedherek Sukoasih saged sami kempal pinanggihan. Kapan saged makaten nggih pak? Nuwun.
              ======================================
              Mas WijonoHadi ugi pidalem ing Sleman jl. godean.Menawi mboten wonten alangan setunggal menopo, bokmenawi minggu pungkasan wulan Mei niki kula dalah sederek badhe dateng Solo.

  13. Nani Widjiati

    Ass Wrwb.
    Dahan cempaka melintang rebah. Di tanah basah di dalam taman.
    Bulan puasa menjelang sudah. Kilaf dan salah mohon dimaafkan.

    Kepada keluarga besar Sukoasih, selamat menunaikan ibadah puasa, semoga amal ibadah kita, diterima Allah SWT. Mohon maaf lahir batin.
    Wassalam Wrwb

    • Wa’alaikum salam WrWb – Ibu Nani, sama-sama ya… ๐Ÿ™‚ saya juga mohon maaf atas salah dan khilaf selama ini.
      Insya Allah kita semua dapat melaksanakan shaum Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya, dan kita akan mendapatkan derajad taqwa. Aamiin ya Robbal’alamin

  14. Martinus Tjitrasoemarta

    Selamat Merayakan Ibadah Suci Ramadhan bagi semua pecinta Sukoasih yang menjalankannya.

    Pak Wandi, punya lagu “Rindu Kami padamu ya Rosul” (semoga benar judulnya). Saya senang mendengarkan lagu tersebut.

    Juga saya ingin bertanya bagaimana cara mengundhuh lagu “Soyang” dari Waljinah yang ada di blog ini? Berkali-kali saya coba kok tetap tidak bisa?

    Salam,
    Martinus

    • sukoasih

      Terima kasih atas ucapan selamatnya.
      Lagu itu kalau tidak salah dari Iin Bimbo yaitu Rindu Kami Padamu (silakan unduh kesini)

      Selamat datang ke Indonesia kembali setelah nganglang ke London terus kemudian ke Brisbane.
      Untuk tembang Waldjinah “Soyang” link itu sengaja saja pasang direct langsung (hotlink), artinya langsung ke download sekali klik.
      Nah kalau kesulitan ini linknya ada disini (Soyang) yang bisa diputar dan diperdengarkan dulu sebelum di unduh.

  15. ananto kusumo

    untuk mas Denny , tentang judul lagu sudah saya jawab di gmail.

    lagu instrumentalia bersama De Strangers saya sempat terkecoh ternyata judulnya Aku Tak Sudi dan Bila Kembali.

    terimakasih

  16. Dave Haryono

    Mas Wandi, waduh sdh lama saya kehilangan jejaknya, kalau sy nggak tanya langsung mungkin betul” sy kehilangan web yg sangat sy sukai ini…….
    Nah sekarang sdh ketemu dan sangat lega rasanya, terima kasih mas Wandi, insya allah yg sekarang ini tdk akan hilang lagi ya. Amin.
    Salam saya, dan terima kasih.

    • sukoasih

      Selamat Datang mas Haryono, ternyata kita masih diperjodohkan untuk bersua lagi kendati sudah lama kehilangan jejak.
      Mari kita ramaikan blog ini bersama rekan2 lain…. terima kasih

  17. sudja'i sarmo

    Saya baru saja install Adobe Audition CS6 yang versi trial dikasi waktu 30 hari, ternyata lebih sederhana dibanding AA3, hasilnya juga lebih bagus, sayang kalau mau beli harganya mahal sekali dan rasanya nggak bakal kebeli. Mencoba crack tetapi masih belum bisa, meskipun sudah dikasi petunjuknya tetapi kurang jelas. Adakah yang bisa memberi petunjuk agar AA CS6 bisa tanpa trial dan tanpa beli. He he he ……………….ombyo’an.

    • a.rojak

      Pak Sudja’i, saya juga pakai Adobe Audition CS6 dan ternyata berhasil install hingga full version setelah mengikuti cara install pada “readme first” sbb:
      Cara Install :
      1. Pastikan Disconnect internet anda terlebih dahulu
      2. Klik “Audition_5_LS7”, lalu anda akan disuruh memilih dimana anda akan mengekstraknya
      3. Tunggu sampai proses ekstraksi selesai, maka setup akan otomatis berjalan. Jika tidak, carilah
      file “Set-up” Di tempat anda mengekstrak tadi.
      4. Nanti anda akan dihadapkan pada dua pilihan, maka anda pilih โ€œTry I want to try Adobe Audition CS6 for a limited timeโ€
      5. Selanjutnya, ada pilihan dimana anda akan menginstallnya. (Default C:\Program Files\Adobe)
      6. Install hingga selesai
      7. Setelah selesai, jangan jalankan dulu aplikasinya
      8. Buka folder Crack
      9. Copy file “amtlib.dll” ke direktori instalasi anda. (C:\Program Files\Adobe\Adobe Audition CS6), pilih Copy & Replace
      10. Enjoy ^_^

      • sukoasih

        Terima kasih resep ini. Saya akan mencoba tentunya dengan PC versi yang bukan pentium. Karena AA CS6 ini akan lebih bagus dengan Win7 atau Win8 minimal memori 2 GB

      • sudja'i sarmo

        Adobe Audition CS6 sudah berhasil saya install di komputer saya Windows XP dengan Intel Core 2 Duo 2,93GHz Ram 6GB dan berjalan tanpa hambatan. Asalnya kemaren ada tampilan waktu yang dihitung mundur. Terima kasih Pak Rojak atas sarannya.

  18. sudja'i sarmo

    Terima kasih Pak Rojak, nanti akan saya coba saran Anda. Pakai AA CS6 hasilnya lebih bgus dari pada dulu pakai AA3 dan cepat selesainya. Sebelum ini saya pakai Audacity yang gratisan dengan hasil yang kurang memuaskan dan makan waktu lama karena AA3 tidak bisa di install di kompi saya. Saya senang utak atik lagu dengan membuang vocalnya agar bisa dimainkan di keyboards Yamaha PSR S710, PSR S900/910 dan PSR S750/950 dengan WAV/MP3, sudah ada puluhan lagu lama yang sudah berhasil saya buang vocalnya.

  19. sudja'i sarmo

    Hampir dua tahun lagunya Waldjinah yang kemrotok baru bisa membersihkan. Lagu tersebut punya Ibu Nani Widjiati yang sudah saya terima via email sekitar hampir dua tahun yang lalu. Disebabkan karena komputer saya setelah di install ulang Windows XP malah tidak bisa lagi diinstall Adobe Audition 3 salah satu software andalan saya untuk urusan membersihkan lagu. Beberapa hari yang lalu atas bantuan Pak Rojak komputer saya bisa diinstall AA CS6 yang ternyata lebih ampuh, kebetulan lagunya Waldjinah masih ada diemail maka dengan AA CS6 sudah bisa dibersihkan meskipun tidak bisa 100% bersih tetapi masih jauh lebih baik dari sebelum diperbaiki.
    Lagu tersebut sudah saya kirim ulang ke Ibu Nani Widjiati via email semoga bisa dinikmati. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.