Gendhing upacara panggih pengantin [Yogyakarta]

Rangkaian pernikahan adat jawa versi Yogyakarta, dimulai dari 1) Nontoni, 2) Lamaran, 3) Peningset, 4) Upacara Tarub, Nyantri, 5) Upacara Siraman, 6) Midodareni, 7) Upacara Langkahan, 8) Upacara Ijab, dan 9) Upacara Panggih.
Tidak begitu banyak bedanya antara adat Yogyakarta dengan adat Surakarta.

Didalam upacara panggih (temu) adat Yogyakarta, gendhing gendhing yang disajikan dalam acara prosesi tersebut yaitu :

Kemudian berlanjut acara resepsi, dengan diisi gendhing2 menyesuaikan keadaan serta dapat disuguhi dengan tarian jawa klasik [ karonsih, gambyong/srimpi, gatotkaca gandrung ] dan dagelan seperti ular2 temanten, atau dagelan Basiyo yang lucu dan membuat ketawa.

5 Comments

Filed under Budaya, gendhing jawa, Musik

5 Responses to Gendhing upacara panggih pengantin [Yogyakarta]

  1. Putri

    halo!
    saya bermaksud mengunduh gending gending untuk upacara panggih ini. tapi kok tidak bisa ya? kira kira bagaimana saya mendapatkannya?
    terima kasih

    • Jeng Putri, coba gunakan kata kunci umpama “boyong basuki” pada kota pencarian samping atas kiri, nanti akan menemukan gending tersbut. Dan untuk yang lainnya coba lakukan cara seperti itu.
      Gending-gending dimaksud nanti lain waktu akan saya unggah lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>