Holopis Kuntul Baris = Bekerja Sama, Bergotong Royong

Ungkapan “Holopis Kuntul Baris” adalah peribahasa jawa, yang artinya saiyeg saeka praya, beberangan mrantasi gawe. Kurang lebih dapat diartikan bekerja dengan bergotong royong.
Kuntul adalah burung sawah, burung yang yang sangat guyub dan rukun. Kata Nenek, tidak ada satupun jenis burung yang bisa berbaris kecuali burung kuntul. Kenapa kuntul tidak ditulis u menjadi o, menghindari konotasi yang lain hahahahaha….

Mari berbaris segaris, duduk sejajar dan berdiri setara, bergandengan tangan menjalankan pembangunan berkelanjutan berbasis kearifan lokal guna mewujudkan Indonesia adil makmur yang berkeadilan.
Bekerja dengan semangat kebersamaan atau dalam istilah lain dikenal dengan ungkapan “Sepi Ing Pamrih Rame Ing Gawe” berat sama dipikul ringan sama dijinjing.

Masaaq….. kita kalah dengan burung kuntul yang bisa guyub dan rukun. Yup…. Nyawiji panunggal antara rakyat dan pemimpinnya.

8 Comments

Filed under Budaya, Renungan, tembang jawa

8 Responses to Holopis Kuntul Baris = Bekerja Sama, Bergotong Royong

  1. ananto kusumo

    ingat dulu bapaku sering putar kasetnya. . . sekarang diradio sering denger lagi di mutiara am. Bandung.

    Ada lagi si yang aku pingin punya selain ini juga lagu yang ada kata. . . . nganggo berko (berco ?) . . . Lagu opo ya.

    Terimakasih. . salam tuk semua. . . ..

  2. Hiandiono

    Salam pak Wandi …
    Lagu Gugur Gunung-nya diiringi pake alat musik modern, koq kurang ‘greget’ ya pak? Lebih mantap yang pakai gending asli …

  3. Wah… Aku jadi inget kampung kelahiranku, sarkliwon solo :-)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>