Sarinah + Ir. Soekarno

sarinah

Sarinah gadis dari desa
Sarinah itu mBok saja, ia membantu ibu saja, dan dari dia saja (Ir. Soekarno) menerima banjak rasa tjinta dan rasa kasih. Dari dia saja (Ir. Soekarno) mendapat banjak peladjaran mentjintai “orang ketjil”. Dia sendiripun orang ketjil. Tetapi budinja selalu besar!. Moga-moga Tuhan membalas kebaikan Sarinah itu!.
“Karno, pertama engkau harus mencintai ibumu. Kemudian kamu harus mencintai rakyat jelata. Engkau harus mencintai manusia umumnya”
Itulah ungkapan Ir. Soekarno kepada Sarinah seperti yang tertuang dalam buku yang berjudul “Sarinah-Kewadjiban Wanita dalam Perdjuangan Republik Indonesia”

Memang tidak ada alasan untuk tidak saling mencintai kepada sesamanya ❗

Untuk mendapatkan bukunya (cetakan pertama, 1947) anda dapat mengunduhnya (6 bagian) ke : pertama, kedua, ketiga, keempat, kelima dan keenam.
Tembang apa saja ya yang judulnya menggunakan nama “sarinah”. Setahu saya, Sarina – Wieteke van Dort, Sarinah – Los Morenos, Sarinah – Kr. Toegoe, O Sarinah – Waldjinah terus apa lagiΒ Β  πŸ™„

11 Comments

Filed under Musik, Renungan

11 Responses to Sarinah + Ir. Soekarno

  1. sugeng enjang Rakamas Wandi, terima kasih telah memajang lagu “O Sarinah” ciptaan Ismail Marzuki tahun 1931, [dinyanyikan juga oleh Wieteke van Dort]

    rasanya Koes Plus dalam album pop Jawa [vol berapa ..? saya kok lupa πŸ˜‰ ] menyanyikan juga “Sarinah” πŸ™‚

    • Sarinah dari Koes + itu album pop jawa volume 3 [til konthal kanthil, kolang-kaling, kripik tempe dlnya]
      “O Sarinah tak kadhani nah ojo mlayu, O Sarinah opo seneng nah karo aku lsp”

      • Bambang

        hampir sama yg dari Waljinah ..
        o sarinah tak kandani nah ojo nesu
        o sarinah tak kandani nah ojo mlayu .. dst

  2. ananto kusumo

    dulu saya penasaran apakah Sarinah (O Sarinah) Koes Plus sama dengan Sarinah (tanpa O) ciptaan Ismail Mz, setelah diusut ternyata Sarinah Ismail Mz yang dinyanyikan Wieteke VD berbeda dengan yang dinyanyikan Waldjinah dan Koes Plus.

    Koes Plus menyanyikan O Sarinah dari lagu Waldjinah itu setelah kata-kata dirubah sedikit dan tidak diketahui siapa penciptanya.

    terimakasih

    • Sarina oleh Rosy & Andres dalam album pasar malam souvenir

      Sarina, een jenis uit de dessa
      Zij stampte haar pady tot bra
      En Zong daarbij ‘n tumit Aardig liedje
      Voor cromjo mati lag in het gras
      Ze strooide haar cromjo bertemu Bloemen
      Geplukt uit de Vrije natuur
      Dan lachtte en bloosde Sarina
      En cromjo geraakte vol vuur

  3. bambang hartoko

    Yang saya tahu Sarinah adalah nama departement store yang didirikan pada tanggal 17 agustus 1962, atas gagasan Ir. Soekarno, presiden RI pertama. Sekarang menjadi BUMN dengan nama PT Sarinah.

    Sarinah adalah departement store pertama di Indonesia, dan mungkin menjadi cikal bakal dari semua mall/komplek pertokoan yang ada di indonesia.

    Pada 60an (tahun tepatnya lupa), saya diajak orang tua ke Jakarta khusus untuk berkunjung ke toko Sarinah, di situlah saya pertama kalinya mengenal lift dan eskalator

    • sukoasih

      Nama “Sarinah” untuk Departemen Store itu diambil oleh Bung Karno dari Sarinah yang asli dari desa itu.

    • Nani Widjiati

      Ikutan bernostalgia tentang Sarinah ya pak. Departemen Store yang pertama di Indonesia ini, diambil dari nama pengasuh Presiden Sukarno waktu kecil. Untuk menghormati dan mengingat jasa pengasuhnya, Bung Karno memberikan nama tsb kpd Toserba awal ini.

      Setiap tahun/bulan puasa saya berlibur ke Jkt (rumah orangtua). Karena waktu itu liburan panjang adanya di bln tsb (40 hari). Saat itu saya pasti mengajak ke sarinah sekedar untuk merasakan nyamannya ac, naik lift dan eskalator, cuci mata lihat etalase yg serba waah untuk ukuran saat itu.
      Penasaran ingin merasakan berbelanja di Sarinah, saya dan adik menabung sekian lama untuk membeli komik ( waktu itu di lantai IV ). 1 set komik isi 5 judul Panji Semirang karya RA Kosasih harga Rp 175,-. Pulangnya kami berjalan kaki dari Thamrin ke Tn Abang (ngirit ongkos) lalu dilanjutkan naik bemo ke Petamburan. Duuh bangga dan bahagianya bisa membeli sesuatu dari Toserba keren. Itu terjadi di thn 68, saat msh di SD. Komiknya saya bawa ke Solo untuk dipamerkan ke teman2

  4. tp sayangnya dr pihak kelg bung karno dan pemerintah tdk ada yg peduli dgn makam mbok sarinah. yg makamnya sederhana tanpa ada tanda khusus kl itu makam sarinah. yg kondisinya sama spt makam umumnya di desa. padahal bung karno sangat menghormati dan banyak berhutang budi yg mndidik kepribadianya sehingga bung karno bisa menjadi orang no 1 di indonesia.

    • sukoasih

      Memang sepantasnya harus ada perhatian terhadap jasa baik Mbok Sarinah.
      Kendatipun demikian saya kira alm Sarinah tidak akan menuntut balas jasa ataupun apapun bentuknya. Itulah jiwa dan karakter manusia yang baik, jujur dan bersahaja seperti Sarinah.

  5. tp sayangnya dr pihak kelg bung karno dan pemerintah tdk ada perhatian dgn makam mbok sarinah. sarinah di makamkan di kelurahan kepatihan tulungagung jatim. makam sarinah berdekatn dgn makam eyang bung karno(ayah raden soekemi).karena eyang bung karno dan sarinah asli penduduk kepatihan yg kebetulan rmh eyang bung karno hanya brjarak sktr 150mter dgn rmh saya. makam sarinah sangat sederhana tanpa ada tanda khusus kl itu makam sarinah. yg kondisinya sama spt makam umumnya di desa. padahal bung karno sangat menghormati dan banyak berhutang budi yg mndidik kepribadianya sehingga bung karno bisa menjadi orang no 1 di indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.