Satu = KE-1-AN

Indonesia adalah Negara Kesatuan, bukan negara liberal, bukan negara agama, bukan pula negara kepartaian, maupun negara kelompok atau golongan.
Untuk menjadi seorang Presiden harus dan wajib paham dan mengerti apa artinya KESATUAN. Kesatuan Indonesia adalah satunya hati dan pikiran sebagai bangsa. Bangsa yang satu, seiya-sekata, sehati-sejiwa, saiyek sakeko proyo, membangun kerukunan, menjalin persatuan bangsa didalam gerak langkah yang sama satu arah, satu tujuan, holopis kuntul baris.
Bukan semua dibawa menuju yang satu. Satu tujuan saya, satu tujuan partai saya, bukan bersatunya partai politik untuk kemenangan dan kekuasaan, bukan pula bersatunya para koruptor untuk menyelamatkan jabatan maupun kekuasaan.
Selagi kita masih menyandang atribut ego, baik ego pribadi, atau ego kelompok, mustahil kesatuan Indonesia dapat kita wujud nyatakan. Pengertian dasar ini harus kita pahami sebagai satu bangsa sehingga Konsep Negara Kesatuan Sosial Kebangsaan hendaknya menjadi kerangka dasar dalam pembangunan semesta.

Leave a Comment

Filed under Renungan, tak berkategori

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.